filosofi bambu


Negara cina sering disebut sebagai negeri tirai bamboo. Bagi orang-orang cina, tanaman bamboo mengandung filosofi yang mendalam dan dapat dilakukan dalam kehidupan serta bisnis mereka.
Ada sepenggal petuah dari Lao Tse tentang rumpun bamboo: “ Sekalipun bamboo meliuk diterpa angin, dia mempunyai pegangan, akar yang kuat menghujam di tanah “.
Tanaman bamboo akan tumbuh pada empat tahun pertama menanam, tidak ada pertumbuhan yang signifikan, karena pada empat tahun pertama tersebut bamboo memperkuat system pengakarannya ke dalam tanah yang dalam. Mencengkeram tanah untuk menopang batang pohon itu yang tinggi keatas.
Setelah pertumbuhan tahun kelima, bamboo baru menunjukkan pertumbuhan keatas yang sangat cepat dan sangat tinggi. Lalu ketika orang akan memanfaatkan pohon bamboo itu maka orang hanya dapat memotong dan mengger gaji bagian pangkalnya, tapi tidak akan bias mencabut akarnya.
Filosofi ini menunjukkan bahwa hal yang perlu diperhatikan di dunia bisnis adalah membangun fundamental terlebih dahulu. Misalnya membangun relationship, memperkuat system, dan sebagainya sehingga kesuksesan di masa mendatang menjadi kesuksesan yang sesungguhnya karena dibangun dengan penuh kesabaran dan kegigihan. Kebanyakan orang kini menginginkan kesuksesan instan dan tidak sabar ketika menghadapi kegagalan.
1. Bambu adalah tanaman rumput, namun bamboo sangat unik. Sekalipun rumput, tapi bamboo dapat mengekspresikan diri sedemikian rupa sehingga mampu menghadirkan manfaat. Tanaman bamboo menunjukkan bahwa latar belakang tidak akan mempengaruhi kesuksesan seseorang, selama dia terus berkomitmen untuk sukses maka dia bias sukses, apapun latar belakangnya, seperti bamboo yang hanya merupakan bangsa rumput.
2. Setelah ledakan bom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, Satu-satunya tanaman yang tumbuh pertama kali adalah bamboo. Bambu memberikan contoh tentang pentingnya sikap untuk selalu bangkit dari keterpurukan dan kehancuran. Selama bias tumbuh maka ia akan melupakan keterpurukan dan kembali bangkit.
3. Bambu memiliki fleksibilitas yang tinggi. Jarang sekali tanaman bamboo roboh saat terjadi angin kencang. Dalam membangun bisnis, hal penting yang harus diperhatikan adalah kesehatan mental. Salah satu tanda pribadi yang matang adalah pribadi yang fleksibel dan tidak kaku sehingga seberapa pun besarnya tiupan angin yang menerpanya, ia tidak akan roboh.

One thought on “filosofi bambu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s